Meningkatkan SDM

SDM ( sumber daya manusia ) Indonesia Berdasarkan kualitas SDM (Human Development Index) Indonesia sekarang berada di bawah Vietnam, atau nomor 4 terbawah (nomor 102 dari 106 negara). Hasil Survei PERC di 12 negara juga menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan terbawah, satu peringkat di bawah Vietnam. Hasil survey matematika di 38 negara Asia, Australia, dan Afrika oleh TIMSS-R, menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat 34. Sebagai negara berkembang terbesar ke tiga di asia, bersama dengan China dan India yang mewakili 70% dari keseluruhan penduduk Asia, Indonesia diprediksi dapat semakin jauh tertinggal dalam hal pengembangan sumber daya manusia jika tidak segera menyadari sekaligus mempersiapkan strategi untuk mengatasi problematika brain drain Berdasarkan laporan yang di keluarkan oleh UNDP pada Human Development Report 2005, Indonesia masih menduduki peringkat 110 dari 177 negara didunia. Bahkan yang lebih mencemaskan, peringkat tersebut justru sebenarnya semakin menurun dari tahun-tahun sebelumnya, di mana pada tahun 1997 HDI Indonesia berada pada peringkat 99, lalu menjadi peringkat 102 pada tahun 2002, dan kemudian merosot kembali menjadi peringkat 111 pada tahun 2004.

Berdasar pada informasi mengenai peringkat SDM tersebut apakah kita sebagai insan yang terdidik akan diam saja mengenai hal itu. Membangun SDM yang berkualitas sangatlah sulit. Tak semudah membalikkan telapak tangan. Indonesia seharusnya bisa meniru kebijakan yang ada di China dan India. China dan India kini menjadi raksasa baru di Asia, walaupun tadinya sama-sama negara berkembang seperti Indonesia bahkan India dulunyjauh ketinggalan oleh Indonesia.

Dari berbagai  kasus yang terjadi selma ini kita tahu bahwa masalah terbesar negeri ini adalah pada sistem pemerintahannya. Korupsi yang kian merajalela, yang sudah mengakar ke seluruh divisi atas sampai bawah. Ketidaktegasan hukum bagi koruptor sangat diperlukan dalam membenahi SDM kita. Bagaimana mau maju jika anggaran untuk pemberdayaan masyarakat telah disikat oleh para koruptor? Kunci utama untuk membenahi SDM yang berkualitas adalah dengan tindakan yang tegas dari pemerintah dan membersihkan semua lembaga yang sakit. Anak didik perlu di beri pelajaran anti korupsi sejak dari SD hingga sampai perguruan tinggi. karena generasi saat ini adalah cikal bakal pewaris Indonesia Raya.

Advertisements